The Rainbow Dream of Nani Puspasari (Designani)

Ceritakan sedikit tentang dirimu.

Hi, saya Nani Puspasari, saya sejak umur 17 tahun terjerumus bahagia dalam dunia seni dan aktif berpameran. Tahun 2008, saya mengembara ke Melbourne, Australia untuk menyelesaikan Master of Design dan Master of Fine Art. Masih terjebak dalam dunia design grafis dengan profesi freelance illustrator sejak 2006 dengan menghasilkan ilustrasi untuk beberapa majalah dan design agency.

Bagaimana kamu mendeskripsikan karyamu?

Terinspirasi dari childhood memoryfairy-talespopular culturenature and fantasy world, saya menghasilkan visual dari narasi/cerita yang saya ciptakan sendiri dari dunia mimpi. Artworks saya berkarakter feminin, figurativewhimsical dan quirky. Kadang-kadang saya memasukkan dark humor yang dikontraskan dengan rainbow color untuk mengkomunikasikan berbagai macam ekspresi seperti innocencenaiveloss and sorrowMixed media dengan benang/sulaman menjadi salah satu ciri khas dari kebanyakan karya lukisan dan gambaran saya.

Apa yang paling membuatmu senang dengan tempat tinggalmu sekarang? Does it influence your work in some way?

Melbourne is Australia’s cultural capital and one of the world’s most liveable cities. Saya mendapat banyak inspirasi dalam berkarya. Mengunjungi art gallery setiap minggu dan bertukar pikiran dengan international artist lain memberikan reference tambahan dalam proses pembelajaran saya mengenai dunia seni. Dampaknya karya-karya seni saya mengalami kemajuan pesat di segala aspek seperti concept, visual and teknik.

Saat-saat paling menyenangkan bagimu untuk membuat ilustrasi?

Saya menikmati membuat narasi/cerita, visual dan karakter yang hanya kita temukan dalam dunia fantasy, di mana semua yang tidak nyata menjadi real dalam ilustrasi.

Your artwork is always full of details and colors, what’s your influences and inspirations?

Fairy tales, Pop Art, Nature world, Pattern, Floral, Fantasy and Rainbow.

Name me three of your fave colors.

Turquoise, Purple, Black.

You’ve been working from canvas, mural, collage to craft handmade, which one is your fave medium?

Canvas, bereksperimen dengan cat acrylic dan sulaman.

Tell me some name (artist/designer/musician/etc) that inspires you.

Nathalie Lete, Gustav Klimt, Salvador Dali, Del Kathryn Barton, Audrey Kawasaki, Takashi Murakami, Yoshitomo Nara, Florence and the Machine, Artic Monkey, NewVillager.

Apa hobi kamu di luar art? I know you like collecting animal figurines, though.

Benar banget, animal figurines. Hobi lain photography dan collecting benda-benda vintage.

I really love the way you decorate your room, it looks so creative and inspiring. 

Kamar saya mencerminkan personality saya, penting untuk menciptakan suasana nyaman dan atmosfer ‘be myself’. Dekorasi benda-benda vintage, tumpukan buku bekas, dinding penuh potongan pictures dari majalah dan karya personal painting, meja gambar dengan marker yang berantakan, lemari penuh warna-warni benang, kuas, animal figurines dan cat acrylic. Objek-objek tersebut memberikan inspirasi dan menjadikan diri saya seperti Alice in Wonderland, terus bermimpi dan mewujudkannya lewat karya-karya saya.

Tell us some secrets.

Saya membuat cerita dan karakter dari mimpi sebelum menggambar di kertas dan pernah menghasilkan 24 ink and stiching drawing dalam 4 jam.

Apa yang kamu harapkan untuk nanti?

Full-time artist: artist in residence di beberapa negara dan punya brand sendiri yang memproduksi stationary dan fashion goodness yang berbasiskan ilustrasi.

http://www.designani.com/

Shout out your thoughts!