The Retrofuturism Collages of Resatio Adi Putra

Resatio Adi Putra telah mencoba banyak medium dalam membuat ilustrasi sebelum akhirnya pria kelahiran Bandung 26 tahun yang lalu ini memantapkan diri untuk fokus dengan kolase. Mengambil inspirasi terbesar dari alam bawah sadar, mimpi, surrealism dan fairy tale, sejak 4 tahun lalu Tio mulai membuat kolase-kolase whimsical dan retrofuturism untuk berbagai media, mulai dari gig poster, t-shirt dan berbagai fashion spread yang salah satunya pernah dimuat di situs Vogue Italia.

Kenapa akhirnya kamu memilih kolase?

Saya suka mengumpulkan gambar, ilustrasi, dan foto-foto tua. Ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan ketika melihat gambar-gambar tersebut, ada perasaan magis. Dari sana saya saya mencoba membuat suatu karya yang mempergunakan gambar-gambar yang saya punya tersebut. Selain itu, kolase adalah sebuah kecenderungan yang menolak untuk mati bahkan dengan lahirnya teknologi digital pada masa kini.

Siapa seniman yang paling menginspirasimu?

Influence terbesar saya ialah Jan Svankmajer dengan karakter-karakter dan bizzare scenes dalam filmnya.

Selain itu Rene Magritte dengan lukisan-lukisannya yang naturally unnatural.

Bisa ceritakan tentang proses berkaryamu?

Yang paling pertama ialah saya harus tahu saya akan membuat apa, cerita, visual, karakter dan semuanya. Setelah itu saya melihat koleksi gambar-gambar tua milik saya, saya pilih, dan saya gunting, tempel sesuai apa yang saya harapkan.

Kolase saya menggunakan 2 teknik, digital dan manual. Digital untuk keperluan pekerjaan, misal untuk t-shirt graphic, poster, fashion spread dalam satu majalah, dll. Manual untuk keperluan pameran dan koleksi pribadi.

Kamu pernah membuat gig poster untuk Mocca, apakah kamu juga pernah membuat poster untuk band/event lain?

Iya, Mocca, itu sudah hampir 1-2 tahun yang lalu, sebelum Mocca vakum. Gig poster yang lain sering juga dulu, tapi sekarang sih kebanyakan project saya untuk kepentingan editorial layout, ya semacam fashion spread untuk majalah, seperti waktu itu saya berkolaborasi dengan salah satu fashion photographer handal untuk keperluan fashion spread salah satu majalah, dan akhirnya hasil kolaborasi kami sempat dimuat di Vogue. Ada beberapa clothing line juga seperti Monstore dan Noah Eats Apple yang menjadi salah satu project menarik untuk saya, mereka mencetak kolase-kolase saya di atas t shirt.


Kalau kamu diminta membuat ilustrasi untuk suatu band, kamu ingin band apa?

Venetian Snares.


Project yang sedang atau akan dikerjakan?

Banyak project dari tahun lalu yang belum sempat direalisasikan, tapi mimpi saya tahun ini ialah menyelesaikan kolaborasi dengan Salamatahari untuk buku ilustrasi untuk anak, juga saya ingin membuat pameran-pameran seniman-seniman kolase di Indonesia.

Check his Tumblr: http://resatio.tumblr.com/

Advertisements

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s