Through The Lens: Prinka Saraswati

Boleh cerita sedikit tentang diri kamu?

Saya gadis Surabaya berumur 18 tahun yang secara kebetulan menjadi mahasiswi dan jatuh cinta dengan banyak hal yang saya foto. Menghabiskan hari dengan berkeliling kota, taking pictures, makan es krim, jalan-jalan ke flea market, sedang dalam proses membuat buku, dan sedikit kuliah.

Apa yang membuatmu tertarik dengan fotografi?

Pertamanya, saya tertarik untuk mendokumentasikan hidup saya, apa yang saya rasakan, teman-teman saya dan apa yang ada di sekitar saya saja. Tapi lama-kelamaan, kamera juga menjadi media untuk merealisasikan cerita-cerita dalam imajinasi saya.

Apa cerita di balik foto-foto yang kamu kirim ini?

Saya mengambil foto dari Kenjeran, yang cukup bagus untuk melihat matahari terbit dan kuda balap di area rerumputannya, jajanan tradisional di Blauran, amusement park kecil, Kebun Bibit di mana kita bisa melihat rusa, serta C20 Library yang punya koleksi buku-buku bagus dan Es Krim Zangrandi, toko es krim legendaris.

Siapa saja fotografer favoritmu?

Tim Walker, Juergen Teller, Larry Clark, serta Corinne Day dan Sofia Coppola untuk foto-foto mereka di Virgin Suicides Photo Book.

Tempat paling menarik yang pernah kamu datangi, so far?

Madura! Ada hutan, pegunungan kapur kecil dan laut yang sangat bagus kalau dilihat dari sekitar pegunungan tersebut.

Apa yang membuatmu jatuh cinta saat tiba di suatu tempat?

Masyarakat setempat dan langitnya! Saya akan jatuh cinta dengan suatu tempat yang memiliki pemandangan langit yang bagus, saya bingung memilih antara Madura dan Bali. Keduanya punya sisi emosional yang kuat setiap kali saya melihat langitnya.

Destinasi impianmu?

Maluku dan Papua yang punya kehidupan bawah laut yang sangat menakjubkan! India dengan budaya Hinduismenya dan Spanyol dengan berbagai parade dan pesta-pestanya.

Apa ciri khas/signature dari foto-fotomu?

Saya rasa saya cukup banyak berubah selama empat tahun ini saya foto-foto. Tapi yang sering muncul di foto-foto saya adalah sekelumit cahaya matahari, over exposure dan bunga-bunga!

Next project?

I am currently doing a photo book yang diselipi tulisan-tulisan pendek dan puisi. Dan tentunya masih banyak photoshoots lain yang ingin saya kerjakan.

As published in NYLON Indonesia June 2012 “Through The Lens” feature.

All photos by Prinka Saraswati

http://prinkasaraswati.blogspot.com/

Shout out your thoughts!

