Through The Lens: Cassandra Niki

Boleh cerita sedikit tentang diri kamu? 

Saya seorang mahasiswi fotografi di Academy of Art University, San Francisco. Banyak orang mengenal saya sebagai blogger dan penulis buku Letters, Stories & Dreams yang terbit tahun 2010. Selain hobi, saya juga bekerja di bidang traveling. Makanan favorit saya adalah makanan Indonesia dan guilty pleasure saya adalah nonton The Kardashians.

Apa yang pertama kali membuatmu tertarik dengan fotografi?

Saya besar di keluarga yang senang mendokumentasi segala sesuatu, hampir sepanjang childhood selalu lihat mama atau papa pegang kamera. Hal ini otomatis nurun ke saya, berawal dari senang mendokumentasi kegiatan keluarga sampai akhirnya benar-benar niat untuk sekolah dan jadi profesional.

Apa yang ingin kamu sampaikan dari foto-fotomu?

Personally, saya suka foto yang bercerita jujur, tidak dibuat-buat. Maka karena itu lebih senang dengan photojurnalism atau documentary. Kurang lebih itu selalu menjadi misi saya kalau motret, ingin menyampaikan sesuatu yang jujur.

Apa objek foto favoritmu?

Saya paling senang berkenalan dengan local culture dan local people. Objek-objek seperti kehidupan lokal dan mendokumentasi kehidupan sehari-hari paling menarik untuk saya. Portraits juga objek favorit saya.

Tempat paling menarik yang kamu datangi, so far?

Sejauh ini tempat yang paling berkesan untuk saya adalah Flores, Nusa Tenggara Barat. Karena takjub lihat ada tempat yang unspoiled and untouched di Indonesia. It is so beautiful dan picture perfect, daratannya merah gersang sedangkan lautnya biru jernih. It is a heaven for photographers!

Apa yang biasanya membuatmu tertarik untuk pergi ke suatu tempat?

Saya senang kalau bisa mengunjungi tempat yang sama sekali baru atau asing dengan kehidupan saya sehari-hari. Seperti keseharian saya yang biasa di kota besar, lalu masuk hutan dan bertemu satwa liar sangat menyenangkan dan refreshing bagi saya!

Tolong ceritakan tentang foto-foto yang kamu kirimkan ini

Foto-foto ini dari perjalanan saya Tahun Baru 2012 ke Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Perjalanan ini salah satu perjalanan yang paling berkesan untuk saya karena bisa berinteraksi dengan orangutan, hewan nasional kita yang sudah hampir punah akibat pemburuan liar dan pembunuhan ilegal. Interaksi ini, sangat mendewasakan dan membuka mata untuk saya. Selain itu, selama 5 hari di sana, saya dan keluarga tidur di kelotok yang menyusuri Sungai Sekonyer, sama sekali tidak menyentuh darat kecuali saat hendak mencari orangutan.

Pengalaman paling berkesan selama di Kalimantan?

Berinteraksi dengan orangutan pastinya. Perilaku mereka lucu sekali, apalagi karena mereka memiliki 97% gen yang sama dengan manusia, alhasil perilakunya sama persis dengan kita. Dan menyaksikan hal ini merupakan pengalaman yang paling berkesan selama di Tanjung Puting. Tidur di kelotok juga sangat berkesan!

As published in NYLON Indonesia June 2012 “Through The Lens” feature.

All photos by Cassandra Niki

http://blog.cassandraniki.com/

Shout out your thoughts!

