The Sugary Drawings of Oktarina Lukitasari

Bagi Oktarina Lukitasari atau yang biasa dipanggil Na, inspirasi untuk menggambar bisa datang dari hal-hal sederhana di mana dan kapan saja, misalnya ketika sedang di toko kue ia melihat kue pretzel, freelance designer asal Bandung ini langsung terinspirasi membuat ilustrasi bergambar pretzel dan hasilnya adalah satu ilustrasi anak perempuan yang memakai headpiece berbentuk pretzel raksasa di kepalanya. Ilustrasi tersebut hanyalah satu dari banyak artwork manis lainnya yang bisa kamu lihat di akun Tumblr milik gadis kelahiran 1986 yang mengambil kuliah jurusan Interior Design di ITENAS Bandung ini. Setiap ilustrasinya memakai palet warna pastel dan menampilkan objek favoritnya yaitu anak perempuan berpipi merah dengan latar yang simpel dan dreamy. Kesan girly dan polos terasa kental saat melihat ilustrasinya dan kata “manis” pun melekat di benakmu, sensasi yang sama jika kamu melihat gambar strawberry shortcake atau foto anak kelinci yang menggemaskan. “Karya yang spontan dan ringan, haha. Yang penting bisa bikin yang melihat jadi ikut merasakan apa yang ingin disampaikan di gambar.” Ujar Na saat diminta menjelaskan tentang karyanya. Well, I think she’s just nailed it.

What’s your early memory about drawing?

Dulu waktu kecil, mama kalau ajarin gambar pasti gambar baju-bajuan, terus jadi suka iseng bikin gambar, dari doodling, gambarin buat teman dan akhirnya suka gambar di sketchbook. Dari dulu suka gambar pakai pensil warna dan cat air, gambar digital juga pakai efek dan brush cat air.

Ilustrasimu terlihat sangat girly dan manis, apa inspirasimu?

Karena juga suka fashion, saya sangat suka dengan Fifi Lapin, fashion illustration nya sangat lucu, saya penyuka kelinci dan Fifi Lapin adalah kelinci paling fashionable di dunia, hehe. Selain itu suka juga sama karyanya Courtney Brims, Conrad Roset, dan Laura Laine. Kalau dari Indonesia, saya suka ilustrasinya Amanda Mitsuri dan Diantra Irawan, karakter karya mereka kuat.

Kamu juga punya label aksesori bernama Moschia, tell me about it.

Moschia itu adalah label aksesori yang saya dan teman saya yang bernama Marchseu kerjakan. Awalnya iseng-iseng pas kuliah dan banyak teman yang suka, akhirnya ikutan bazaar, pameran, lalu sekarang suka juga nitip di salah satu toko di Bandung. Kita lebih banyak ngerjain gelang-gelang dengan warna pastel yang ringan.

What’s your dream?

Sangat ingin bikin produk dengan ilustrasi gambar yang ada, diaplikasikan dalam bentuk produk atau interior dan masih ingin melanjutkan Moschia nya. Sebenarnya ada passion untuk di bidang fashion juga, ingin bisa punya label fashion sendiri.

As published in NYLON Indonesia February 2012

 http://oktarinacil.tumblr.com/

Advertisements

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s