Through The Lens: Albert Judiyanto

Boleh cerita sedikit tentang diri kamu?

Nama saya Albert Judiyanto, saya seorang fotografer dan creative director di Whatnot yang terdiri dari dua divisi yaitu Whatnot Studio yang bergerak di branding, marketing, graphic house dan DailyWhatnot yang berupa media online.

Tolong ceritakan tentang foto-foto yang kamu kirimkan ini

Ini foto-foto saya di Israel. Beberapa foto ini kurang lebih merupakan kumpulan dari perjalanan saya di sana. Banyak hal menarik yang saya temui seperti contohnya ketemu bapak-bapak yang cukup berkarakter dengan kumis indahnya itu, di Western Wall ada anak muda yang beribadah dengan senjatanya, mural-mural dengan pesan humanity di West Bank Wall. Juga Petra, sebuah kota di Jordan yang bangunannya terbuat dari batu semua.

 

Dari sekian banyak tempat yang pernah kamu datangi, kenapa memilih Israel untuk ditampilkan?

Dari semua tempat saya memilih Israel karena perjalanan saya waktu itu yang membuat saya jadi ingin keliling dunia dan penasaran sama budaya-budaya lainnya.

Tempat paling menarik yang kamu datangi, so far?

Waktu tahun 1999 tanggal 25 Desember, saya ke Italia dengan tujuan untuk masuk Gereja St. Peter’s Basilica lewat The Holy Door. Pintu itu dibuka cuma setiap 25 tahun sekali, kabarnya orang-orang yang bisa ngelewatin pintu itu dosa-dosanya akan diampuni. Beruntungnya saya punya kesempatan untuk bisa ke sana dan juga bisa bertemu dengan Paus waktu itu. Jadi buat saya yang terasa berkesan itu lebih ke momen yang bisa saya rasakan, di saat Natal bisa ke Italia dan dari sekian ribu orang yang masuk pintu itu, saya salah satunya.

Apa ciri khas/signature dari foto-fotomu?

Foto-foto saya kebanyakan natural dan agak raw pada umumnya, jadi what you see is what you get.

Siapa saja fotografer favoritmu?

Kalau untuk foto, saya terinspirasi dari beberapa fotografer seperti Garry Winogrand, Juergen Teller, Terry Richardson, Hedi Slimane juga beberapa fotografer yang tergabung di tinyvices.

Destinasi impianmu saat ini?

Pelaminan…haha! Kalau jawaban seriusnya, saya ingin jadi orang yang pernah ke semua negara, tapi untuk saat ini sih ingin ke Tokyo, New York, Miami.

Next project?

Kalau project jangka panjangnya ngumpulin foto-foto traveling, kalau kesampaian, semoga bisa semua negara. Someday mau saya compile dalam satu media. Kalau yang jangka pendeknya, Whatnot sedang dalam proses membuat dua website baru seperti DailyWhatnot, ya pertengahan tahun ini harusnya sudah running.

As published in NYLON Indonesia June 2012 “Through The Lens” feature.

All photos by Albert Judiyanto

http://albertjudiyanto.com/

Shout out your thoughts!

