Through The Lens: Ridzki Noviansyah

Boleh cerita sedikit tentang diri kamu?

Nama saya Achmad Ridzki Noviansyah biasa dipanggil Ridzki, saya bekerja sebagai freelance photographer namun main job saya saat ini adalah Clinical Research Associate dan sekarang sedang bertugas di Malaysia selama 6 bulan.

Apa yang membuatmu tertarik dengan fotografi?

Fotografi adalah medium ekspresi yang paling cocok untuk saya. Saya juga senang menulis tapi saya sering menganggap tulisan saya terlalu cheesy dan terkadang malah idenya nggak tersampaikan karena terlalu panjang. Maka dari itu saya mendalami fotografi, untuk menyampaikan ide, cerita, pengalaman atau pada yang paling mendasar kenyataan.

Tempat paling menarik yang kamu datangi, so far?

Nggak bisa dipungkiri lagi, cuma Indonesia. 17 ribu lebih pulau dengan penduduk yang memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda, belum lagi hal-hal lain yang menakjubkan baik di darat maupun di laut. Keanekaragaman Indonesia itu sangat luas, saya pernah baca bila orang Aceh, Jogjakarta, Bali dan Papua dimasukkan dalam 1 ruangan dan diminta melakukan tarian tradisionalnya masing-masing, nggak akan ada yang percaya mereka datang dari satu negara.

Apa yang ingin kamu sampaikan dari foto-fotomu?

Realitas. mungkin itu kata yang tepat, sebagai contoh sekarang saya menghindari sesuatu yang jelas-jelas sebagai tujuan dari suatu tempat wisata. Saya lebih tertarik untuk menarik diri dan melihat kehidupan di sekeliling tempat wisata tersebut. Saya juga tertarik dengan melihat bagaimana warna benda-benda di sekeliling kita saling berbenturan dan melengkapi satu dengan yang lain. Ini menjadikan sesuatu yang banal jadi memiliki sebuah nilai estetika, kalau saya nyebutnya “yang banal, yang berwarna.”

Tolong ceritakan tentang foto-foto yang kamu kirimkan ini

Ok, ini foto-foto yang saya ambil ketika saya pergi ke India awal tahun ini. Saya nggak punya konsep mau foto apa sebelumnya karena saya berpikir lihat saja nanti keadaannya di sana gimana. Ketika sampai, saya dibombardir dengan pemandangan, aroma dan hal-hal lain yang membuat saya takjub. Saya mulai mencoba memotret manusia dan hewan yang ada di India dibanding sekadar bangunan atau landscape. Hewan mungkin tidak begitu sulit tetapi orang-orang India sangat tidak mau difoto. Nah untungnya ada yang namanya auto (bajaj kalau di Jakarta), supirnya senangnya ngebut-ngebutan dan di atas auto itu saya selalu melihat ke jalan, kalau ada orang-orang dengan tingkah laku yang menarik langsung saya foto.

Hal paling berkesan dari India?

Kekacauan dan keindahan dalam satu tempat, yang bisa dinikmati terpisah atau sekaligus dengan secangkir chai.

Apa arti traveling untuk kamu?

Traveling itu ibarat belajar buat saya. Tujuannya bukan lagi atraksi wisata tetapi apa yang terjadi selama di perjalanan; apa yang saya pelajari dari itu dan pengalaman apa yang bisa saya dapatkan. Kalau ngeliat atraksi wisatanya itu cuma bonus.

Next project?

Saya sedang ingin mencari inspirasi baru. Selama ini hanya melihat karya fotografi dan saya nggak terlalu terpengaruh dengan karya fotografer lain. Saya teringat ucapan Erik Prasetya yang berkata ketika dia membuat Jakarta, Estetika Banal yang di otaknya adalah puisi-puisi yang dia baca. Maka dari itu saya memutuskan rehat dulu selama sebulan dari semua yang berbau fotografi. Namun akhir Juli nanti saya akan mengikuti sebuah workshop fotografi di Chiang Mai, Thailand. Ini selain mendapatkan pembelajaran baru juga akan melihat the up and coming photographers di region Asia, maka dari itu saya sangat bersemangat untuk menghadiri ini. Sebagai persiapan mungkin saya harus baca literatur tentang Chiang Mai terlebih dahulu dan berkenalan lebih mendalam tentang kebudayaan Thailand secara umum dan melihat apakah ada hal-hal tertentu yang saya bisa angkat sebagai cerita.

As published in NYLON Indonesia June 2012 “Through The Lens” feature.

All photos by Ridzki Noviansyah

http://ridzkinoviansyah.com/

Shout out your thoughts!

