Art Talk: The Secret Garden of Enrico Nagel

enrico nagel

Bagi Enrico Nagel, seorang seniman mixed-media yang berbasis di Berlin, mengeksplorasi medium yang berbeda dalam membuat karya seni adalah sebuah cara untuk menghilangkan kejenuhan ide. Seniman berumur 26 tahun ini telah mencoba bereksperimen dengan berbagai medium, mulai dari lukisan tangan, video, hingga mesin scanner dalam seri portrait berjudul “Behind the Glass” yang ditampilkan dalam ekshibisi di berbagai galeri di Eropa. Terlepas dari semua eksperimen seni itu, Enrico tak pernah berpaling dari cinta pertamanya dalam seni, yaitu seni kolase. Dalam seri kolase berjudul “Secret Garden”, ia memilih fashion sebagai benang merah dan menampilkan sosok-sosok manusia dengan kepala berupa bunga atau aksesori fashion berwarna vibrant. It’s beauty at its finest.

nagel1

Apa cerita di balik seri “Secret Garden” ini?

Saya bosan membuat gloomy art, jadi ide utama dari seri ini adalah membuat kolase fashion yang elegan dan penuh warna tanpa terlihat cheesy. Saya ingin menggantikan karya saya yang sebelumnya didominasi headless explosion dengan bunga dan aksesori mode. Saya harap hasilnya cukup bagus.

It is. Ada alasan khusus memilih medium kolase?

Kolase adalah metode favorit saya untuk berekspresi. Kolase adalah paduan cantik antara komposisi dan perasaan, sebuah area yang tak akan bosan dieksplor untuk selalu mencari cara baru untuk menciptakan sesuatu yang menarik. Setelah melihat beberapa ekshibisi, saya agak terganggu dengan kolase yang terbuat dari terlalu banyak materi. Saya ingin membuat yang lebih bagus dengan materi yang seminim mungkin.

nagel2

Apa yang biasanya menginspirasimu?

Saya banyak terinspirasi dari film science-fiction, tapi banyak juga ide saya muncul dari mimpi dan buku dongeng tua yang saya temukan di toko bekas. Biasanya saya duduk di meja kerja saya yang dipenuhi potongan kolase dan mengerjakan beberapa kolase dalam waktu yang bersamaan. Hal itu menciptakan kemungkinan tak terbatas tentang apa yang akan saya hasilkan. Tujuan utamanya adalah membuat sesuatu yang cantik, dari permainan komposisi warna, pola, dan rasa.

Apa medium selain kolase yang menarik minatmu?

Spektrum karya saya sangat luas. Saya berpindah antara kolase, lukisan, dan video art. Beberapa tahun lalu saya sempat mendesain fashion dan rindu melakukannya, saya akan senang jika bisa mendesain koleksi fashion lagi.

nagel3

Apa kamu mendengarkan musik tertentu saat bekerja?

Saya menyukai Philip Glass dan Steve Reich, tapi saya juga menyukai musik elektronik. Kebetulan saya juga bekerja di sebuah label rekaman di Berlin yang bernama About Time.

Apa rencana selanjutnya?

Saya sedang mengerjakan sebuah proyek buku berjudul Berlin What? yang dibuat oleh Neonchocolate Gallery, setelah itu ekshibisi kecil untuk menampilkan produksi video terbaru saya. Yang lainnya masih rahasia.

nagel4

http://enriconagel.com/

Shout out your thoughts!

