Book Club: Based on a True Story 01- Pure Saturday

Pure Saturday

Pure Saturday (Based on a True story)

Idhar Resmadi

U&kl Books

Ada beberapa faktor yang menggugah saya untuk segera membaca buku biografi band Pure Saturday ini. Yang pertama menangkap perhatian tentu wujud fisiknya. Dari segi desain semata, buku pertama lansiran U&KL Publishing ini terlihat unik dengan desain cover minimalis dan clean berwarna putih bertuliskan Pure Saturday yang diselimuti cover jacket berwarna serupa yang menampilkan tulisan Based on a True Story. U&KL Publishing sendiri merupakan sub division terbaru dari UNKL347, sebuah brand sub culture yang pasti telah akrab di telinga kaum urban dan kreatif Tanah Air. Dilahirkan oleh sebuah rumah desain mumpuni, pemilihan materi kertas, font, layout dan foto-foto yang dipakai dalam buku ini akan mendapat apresiasi dari siapapun yang menggemari desain produk. Faktor kedua untuk saya pribadi adalah penulis buku ini, Idhar Resmadi, seorang jurnalis musik dan budaya populer yang tulisan-tulisannya telah saya akrabi sejak ia menjabat sebagai pemimpin redaksi Ripple Magazine. Faktor ketiga dan paling krusial tentu saja subjek isi buku ini sendiri. Pure Saturday yang kini terdiri dari Satrio Nurbambang (vokal & gitar akustik), Adhitya Ardinugraha (gitar), Arief Hamdani (gitar), Ade Purnama (bass), dan Yudhistira Ardinugraha (drum) merupakan salah satu band lokal paling legendaris yang memiliki pengaruh besar pada dunia musik Indonesia, khususnya skena indie, sampai hari ini.  Ditulis dengan pendekatan studi literatur dan interview personal tak hanya dengan kelima personel PS saat ini, tapi juga bersama Suar Nasution, vokalis pertama mereka yang juga salah satu founder band tersebut, para manajer, dan orang-orang dalam lainnya, Idhar memaparkan setiap langkah yang telah ditempuh band asal Bandung tersebut sepanjang karier mereka yang tahun depan genap berusia 20 tahun.

Bicara tentang buku biografi sebuah band, berarti bicara tentang sejarah, drama balik layar, dan, suka-duka, dan legacy dari band tersebut dengan cara yang candid. Jujur saja, saya baru benar-benar mengenal dan mulai mendengarkan band ini sekitar 2005, dari album ketiga mereka Elora. Ingatan saya sebelum itu tentang band ini mungkin hanya beberapa bait lagu “Kosong” yang dulu kerap dinyanyikan kakak saya sambil main gitar. Lewat buku ini, banyak sekali cerita yang benar-benar baru saya ketahui soal band ini saat saya ‘terlempar’ ke tahun 1994, ketika band ini bercikal dari sebuah band tongkrongan bernama Tambal Band di sebuah sudut kota Bandung yang dinamakan Gudang Coklat. Bagaimana kelima personel formasi awal bertemu, berganti nama menjadi Pure Saturday demi mengikuti festival musik pertama mereka yang kemudian berhasil keluar sebagai pemenang, yang kemudian melejitkan nama mereka di acara-acara musik di Bandung.

Semakin menyusuri kedelapan bab dalam buku ini, semakin saya tenggelam dalam memory lane yang terjadi pada Pure Saturday. Semua cerita pahit-manis mereka dari mulai proses penciptaan album debut yang menjadi tonggak meledaknya musik alternatif Indonesia, bagaimana mereka menjalani popularitas yang ternyata sejalan dengan banyak persoalan baru, pergelutan emosi antara personel, pergantian vokalis dan gigihnya Satrio sebagai vokalis baru untuk membuktikan diri di antara cemoohan, hingga akhirnya Pure Saturday berhasil melewati semua itu dan tetap bertahan sampai sekarang dengan lima album dan fans yang tetap setia, semua itu berhasil dirangkum dan dipaparkan dengan komprehensif oleh Idhar.

Terlepas dari beberapa minor technical mistakes dari segi tata bahasa dan beberapa alur yang kadang terkesan ‘melompat-lompat’, buku setebal 230 halaman ini adalah dokumentasi menawan yang menyoal musik Indonesia dari salah satu band Tanah Air yang paling gemilang. Bukan hanya bagi para fans Pure Saturday yang disebut Pure People, tapi juga untuk siapapun yang mencintai musik dan khususnya bagi band sekelas Pure Saturday itu sendiri. They deserved it, we deserved it.

 

Advertisements

One thought on “Book Club: Based on a True Story 01- Pure Saturday

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s