Behind The Scene: Stella JKT48

Stella Cornelia

Hmmm…. Its been a long time since my last post about JKT48. Kebetulan saya juga sebetulnya sempat hiatus dari fandom ini, karena jenuh dan kesibukan sehari-hari. Sudah lama nggak ke teater, terakhir kalau nggak salah bulan Agustus dan “menjauhkan” diri dari JKT dengan cara men-unfollow semua member (termasuk oshi saya) dan unsubscribe list JKT48’s fans di Twitter-nya Pitra (the pandora box for anything happen in the fandom). Tapi sialnya, saya masih follow beberapa influential fans dan satu grup LINE yang menjadi satu-satunya sumber info tentang JKT yang masih saya terima.

Yang menarik perhatian tentu saja pengumuman grad dari beberapa member di bulan November yang memang menjadi bulan rawan Graduation Announcement (GA) karena di bulan ini member diberikan kesempatan untuk stay melanjutkan kontrak atau tidak. Jujur saja, GA yang mengejutkan justru terjadi pertama kali di musim bunga sakura berguguran ini, which is Stella Cornelia’s GA. Bagi saya mengejutkan karena Stella dengan vokal dan karismanya yang kuat adalah top member dari Team J dan aset JKT yang unggul. Walaupun oshi saya sekarang di Team K dan saya lebih sering menonton Boku no Taiyou dibanding Renai Kinshi Jourei, penampilan Stella saat membuka opening line di “Nagai Hikari” selalu menjadi momen favorit saya di RKJ.

Saya kemudian teringat kurang lebih setahun lalu saat mewawancarai JKT48 untuk NYLON. Stella adalah member pertama yang saya wawancarai, dan bisa dibilang dari 7 member yang saya wawancarai saat itu, Stella adalah member yang paling siap untuk menjadi seorang public figure. She’s eloquent, professional, graceful, dan sadar ketika diwawancarai oleh media, dia tak hanya merepresentasikan dirinya sendiri, tapi juga JKT48, dengan cara yang wajar dan tidak terkesan “jualan”. Stella juga membawa satu kopor sendiri berisi barang-barang fashion pribadinya, sehingga memudahkan tim stylist untuk mix and match baju yang akan ia kenakan. Saat pemotretan pun, latar belakangnya sebagai model membuatnya tidak perlu pengarahan dari kami. Dia paham kalau pemotretan ini adalah untuk majalah fashion, karena itu dia tidak menampilkan pose kawaii khas JKT yang seperti di photopack dan menunjukkan sisi edgy yang memang cocok dengan image NYLON.

Dalam rekaman interview di bawah ini, kamu bisa merasakan semangatnya untuk membesarkan nama JKT48 ke masyarakat umum dan kalau kita lihat betapa nama JKT48 semakin terkenal sekarang, rasanya harapannya telah terkabul. Ada satu bagian di mana secara tak sengaja ia membocorkan tempat kuliahnya, yang mungkin sudah banyak fans yang tahu juga, namun untuk baiknya saya memilih untuk memotongnya. Well, satu tahun berlalu dan kini Stella Cornelia yang sudah semakin dewasa dan mengembangkan bakatnya di dunia akting memutuskan untuk “lulus” dari sekolahnya. Banyak yang sedih dan berharap Stella bisa lebih besar lagi di JKT48, namun saya percaya Stella punya bekal yang lebih dari cukup untuk bisa sukses di “dunia nyata”, tanpa memakai embel-embel JKT48 namun juga tidak membuangnya begitu saja. I hope the best for her, dan mari kita tunggu kejutan manis apa lagi yang akan Stella lakukan kelak.

Pada tujuan yang aku ingin
Langit biru
Menunggu diriku
Mana yang lebih duluΒ 
Memutuskan pita
Bagaimana pun juga boleh
Musim upacara kelulusan
Di dalam dada pun
Angin bertiup
Bunga sakura hari ini
Tercerai-berai
Di tempat memikirkanmu

P.S: Mungkin ini rekaman interview JKT48 terakhir yang akan saya upload. Kecuali mungkin kalau Nabilah grad nanti.

Foto oleh Muhammad Asranur

Shout out your thoughts!

