Grrrl Power! An Interview with BIKINIES

Bikinies by Aloysius Nitia

The Jakarta’s literal riot grrrl band, Bikinies, kembali ke permukaan dengan sebuah album mini yang akan membuatmu berkeringat. 

Sadly, kita harus mengakui jika band perempuan yang bagus di Indonesia masih terbilang sangat minim. Kita pernah punya band perempuan paling keren di Indonesia yaitu Dara Puspita di tahun 60-an dengan skill bermusik yang tak kalah dengan kaum pria. Kita juga pernah melihat beberapa band lain yang semua personelnya perempuan muncul sekilas, namun tak ada yang pernah benar-benar berhasil menancapkan kuku mereka di kancah musik Indonesia. Dan kini, ketika bicara “girl band” di Indonesia berarti bicara tentang sekelompok gadis imut yang bernyanyi lip-sync dengan gerakan koreo yang seragam, band perempuan asal Jakarta, Bikinies, mungkin menjadi satu-satunya harapan untuk mengembalikan lagi makna dari kata “girl band” yang sesungguhnya.

            Terdiri dari Selviana Shapie (vokal), Victoria “Meti” Anastasia (gitar/back vox), Dhany Arliyanti (bass), dan Tiffany Ayu Puspasari (keyboard), nama Bikinies sebetulnya bukan nama yang benar-benar baru. Band yang terbentuk akhir tahun 2003 ini merupakan bagian dari booming band-band keren bentukan anak-anak Institut Kesenian Jakarta yang membangkitkan dan mendominasi skena musik indie Jakarta circa pertengahan era 2000-an silam.

            Dengan influens bermusik dari The Donnas, Bikini Kill, Jossie And The Pussycats, dan band-band perempuan berkarakter lainnya, Bikinies meramu musik pop rock bernapaskan riot grrrl dengan tempo kencang, distorsif, dan penuh semangat. Bikinies pun menyumbangkan lagu dalam kompilasi musik indie legendaris Thursday Riot di tahun 2005 lalu dengan single “Like An Idiot” dan dua tahun kemudian, single “C’mon” masuk kompilasi 24 Hour Campus Hits vol.2. Sayangnya, band ini kemudian sempat menghilang karena kesibukan masing-masing personel, bahkan sebelum merilis satu album pun.

            Enam tahun berselang, namun Bikinies ternyata tak pernah benar-benar tenggelam. Tahun ini mereka merilis self-titled album mini pertama mereka yang berisi empat lagu yang memproklamirkan jika Bikinies masih ada dan siap untuk menggebrak lagi. “Kenapa lama sekali… karena semua butuh proses yang matang dari segi arrangement lagu dan musik, yang masih berubah dan akhirnya matang. Juga karena kesibukan dari masing-masing personel. Dan kita mengerjakannya semuanya secara santai, nggak terburu-buru supaya maksimal. Proses recording-nya sendiri itu terjadi di bulan April 2013 setelah semua arrangement fix dan maksimal. Maka kami pikir sekarang waktu yang tepat untuk mengeluarkan EP kita,” ungkap mereka.

            Diperkuat dua additional player pria bernama Christian Kity (additional guitar) dan Pasha van Krab (drum), BIKINIES EP dibuka oleh single “Dance Floor Mafia” yang memacu adrenalin dan sama intensnya dengan dua lagu selanjutnya “Come On” dan “My Ex Boyfriend” sebelum ditutup oleh “Like A Bottle Of Beer” yang lebih akustik dan kalem. Menyusul respons positif untuk album yang memang telah ditunggu ini, mereka pun mulai tampil di beberapa show lagi, termasuk dalam gig bertajuk Identite di Home Club, Singapura. “Menyenangkan! Tidak terlalu ramai pengunjung tapi venue & crowd-nya asik, nggak pada malu-malu untuk joget. Tidak menyangka musik & perform kita dapat diterima oleh masyarakat Singapura dengan baik. Seru juga sih karena bisa kenal band-band lain yang emang musiknya keren-keren,” kenang mereka akan gig yang juga menghadirkan Puti Chitara dari Indonesia dan dua band Singapura, Obedient Wives Club dan .gif, tersebut.

            Kita bisa berharap jika EP ini hanya perhentian sementara sambil menunggu mereka melaju dengan potensi maksimal dalam sebuah full album. Kini, sambil menanggapi undangan gigs dan menyiapkan sebuah video klip, mereka mengaku sudah berencana untuk melanjutkan recording kembali dengan target album baru tahun depan. In the mean time, let’s wish them Godspeed and dance with their EP.

Logo

http://bikinies.bandcamp.com/

As published in NYLON Indonesia November 2013

Advertisements

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s