Go Ahead, Change The Ordinary!

GoAhead

Ingin mengunjungi festival seni terbesar di kota Melbourne, Australia? Here’s how!

Setelah beberapa hari lalu memposting pengalaman saya soal bagaimana saya akhirnya bisa mengejar passion and change the ordinary, saya mendapat cukup banyak tanggapan yang masuk, serta beberapa pertanyaan tambahan. Khususnya yang seperti ini:

“Kak Alex, aku pengen coba banyak segala hal tapi kadang ada aja halangan dan sering ditunda-tunda, ‘Ah nanti aja deh,’ gitu terus ada aja alasan. Lama kelamaan jadi males terus ‘Ah ya udah nggak apa-apa, nggak usah deh, lain kali aja,’ But I want to experience it. How to get rid of this and just ‘take it’?”

atau

“I can’t move from my comfort zone and I spend most of the time staying at home, even though there’s a lot of things I want to try. Any advices?”

Yup, banyak orang yang sebenarnya ingin melakukan sesuatu yang berbeda dalam hidup mereka atau follow their dreams namun merasa ragu-ragu dan akhirnya cuma jadi wacana. Well, menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kalau dari experience pribadi, my best advice is just go ahead and do it. Mengutip kalimat dari salah satu lagu The Smiths yang berjudul “Ask”: “Shyness is nice and shyness can stop you from doing all the things in life you’d like to.” Kalau saya waktu itu terus malu-malu dan membiarkan kesempatan lewat begitu saja, mungkin saya tidak akan ada di posisi saya yang sekarang.

go-ahead-get-started-and-as-you-go-forward-youll-get-better-quote-1Di saat menemukan passion saja tidak cukup, kamu butuh keberanian ekstra untuk terus mengejarnya and write your own story. Beberapa orang cukup beruntung karena kesempatan seolah datang dengan sendirinya, sementara beberapa orang lainnya harus gigih mencari opportunity yang ada, termasuk salah satu contohnya adalah mengikuti berbagai kompetisi yang ada. Well, I don’t believe in coincidence. Saya lebih percaya setiap peluang yang ada sebetulnya akumulasi doa dan usaha kita sendiri yang dijawab oleh universe. Karena itu, saya selalu mendukung sepenuh hati jika teman-teman saya memutuskan untuk mengikuti sebuah kompetisi, apapun itu. Dari pengalaman saya, its really nothing to lose to join some competition. Kalau menang, kamu bisa jadi menemukan momen yang akan membuka peluang yang lebih besar, kalau kalah pun, kita bisa menjadikannya pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi. Saya percaya tidak ada istilah instan dalam menuju keberhasilan dan mengikuti kompetisi yang ada juga bisa menjadi trigger bagimu untuk mulai melakukan sesuatu yang kamu inginkan, mempertajam bakatmu, give your best shot, and deliver the unexpected.

Salah satu kompetisi yang konsisten memberikan peluang bagi para pemula untuk berkarya dan mengejar mimpi mereka adalah Go Ahead Challenge, sebuah kompetisi kreatif yang diselenggarakan oleh Sampoerna A, di mana kamu bisa meng-upload karya-karya bertema musik, visual, fotografi, dan style melalui GoAheadPeople.com dan berkesempatan merasakan pengalaman internasional yang berbeda dan tidak biasa bagi pemenangnya.

unnamedPemenang Go Ahead Challenge 2014 melakukan photo shoot di Paris.

Kompetisi Go Ahead Challenge 2014, misalnya, berhasil menjaring 22.830 peserta dan memilih Raditya Bramantyo serta Stephanus Sylvester sebagai pemenang utama untuk mendapatkan pengalaman internasional di ajang Paris Fashion Week 2014. Tahun lalu, keduanya telah diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari tim desainer ternama Indonesia, Tex Saverio serta bekolaborasi dengan fotografer fashion internasional, Michel Duprè di ibukota mode dunia, Paris. Dengan semangat ”Go Ahead Change the Ordinary” yang meliputi tantangan-tantangan di 4 bidang seni yaitu: musik (kurator: Arian13), fotografi (kurator:Anton Ismael), seni visual (kurator: Ade Darmawan), style (kurator: Auguste Soesastro), Sampoerna A kembali menggelar Go Ahead Challenge yang menjadi ajang bagi para sobat kreatif untuk create some personal works dan memperebutkan kesempatan untuk merasakan sisi seni kota Melbourne, Australia dalam perhelatan Melbourne Fringe Festival 2015.

MelbourneSalah satu sudut jalanan kota Melbourne yang dipenuhi graffiti.

fringe
Sebagai salah satu urban city utama di dunia, Melbourne memiliki komunitas kreatif yang besar. Mulai dari street art, street musician, pelukis, fotografer, sampai penyair dan penulis yang didukung oleh arsitektur modern dan eksentrik. Melbourne Fringe Festival sendiri merupakan salah satu event terpenting dalam kalender seni Melbourne. Sejak diadakan tahun 1982, festival seni tahunan paling populer di Melbourne ini telah menghadirkan lebih dari 50 ribu seniman ke hadapan 2 juta orang yang diselenggarakan di ratusan venue di sekitar Melbourne dan Victoria. Saat ini, setengah juta audiens datang dari seluruh dunia untuk menikmati karya 4 ribu lebih seniman dari berbagai bidang (teater, komedi, musik, performance art, film, kabaret, digital art, dan bahkan circus performance) dalam 300 lebih show yang diadakan di 100 venue, dari bar, club, galeri seni, teater independen sampai lokasi prestisius seperti Federation Square dan The Melbourne Museum.

Nah, sekarang… Tertarik untuk menantang diri sendiri dan mencoba melakukan hal yang berbeda dari biasanya?
Jika kamu merasa ini saat yang tepat untuk menunjukkan bakat kamu, berikut adalah cara berpartisipasi dalam Go Ahead Challenge 2015:

• Daftar dan log in ke GoAheadPeople.com
Submit karya kamu yang bisa berupa musik, visual, fotografi dan style dan kumpulkan poin sebanyak-banyaknya.
• Raih kesempatan trip ke Festival Seni di Melbourne dan hadiah menarik lainnya.

Pendaftaran dan penyerahan karya sendiri untuk Go Ahead Challenge 2015 telah dibuka dari tanggal 1 Februari 2015 kemarin. Selain hadiah utama, sepanjang kompetisi ini dibuka pada bulan Februari hingga ditutup di bulan Agustus 2015, ada berbagai hadiah bulanan menarik yang bisa didapatkan di GoAheadPeople.com dengan cara mengikuti berbagai kegiatan interaktif yang sederhana dan menarik. To kick start the event, Sampoerna A juga menyelenggarakan opening night tanggal 15 Februari 2015 di Museum Satria Mandala yang dimeriahkan oleh Tulus, Sore, Payung Teduh, dan performer keren lainnya. Event ini gratis dan terbuka untuk umum bagi 18 tahun ke atas.

image
So what are you waiting for? Go ahead, create your chance, and change the ordinary you.

Advertisements

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s