Filmstrips: Cannes 2016 Movie Picks Part. 1

Sebagai salah satu festival film paling bergengsi di dunia, Cannes Film Festival yang tahun ini telah memasuki tahun ke-69 telah diselenggarakan pada tanggal 11-22 Mei lalu dan kembali menjadi barometer penting bagi perkembangan sinema dunia di mana tercatat 21 film berkompetisi memperebutkan Palme d’Or, 18 film di seleksi Un Certain Regard dan 10 film pendek telah ditayangkan dalam perhelatan tahun ini. Berikut adalah seleksi film yang harus masuk dalam watch list.

CFday25-580.jpg

Captain Fantastic

Dalam film kedua karya Matt Ross ini, Viggo Mortensen memerankan Ben Cash, seorang single father eksentrik dan idealis yang membesarkan 6 anaknya sendirian di sebuah daerah hutan Pacific Northwest di mana mereka menjalani hidup terisolasi dari  peradaban kapitalis sampai suatu hari istri Ben yang mengidap bipolar tewas bunuh diri di sebuah rumah sakit jiwa dan memaksa keluarga ini keluar dari surga kecil mereka dan menempuh perjalanan selama lima hari mengendarai bus keluarga (yang diberi nama Steve) ke New Mexico, tempat prosesi pemakaman akan digelar. Tak hanya bertanggungjawab pada 6 anak yang mengalami culture shock di dunia luar, Ben juga harus menghadapi ayah mertuanya (diperankan Frank Langella) yang mempertanyakan kemampuan Ben sebagai orangtua dan caranya membesarkan anak.

Cafe Society

Café Society

Didaulat sebagai opening movie untuk Cannes tahun ini, film komedi-drama garapan Woody Allen ini bercerita tentang Bobby Dorfman (Jesse Eisenberg) seorang pemuda lugu asal Bronx yang pindah ke Hollywood di tahun 1930-an di mana ia jatuh cinta dengan gadis bernama Vonnie (Kristen Stewart) yang merupakan sekretaris pamannya, Phil (Steve Carell). Berlatar kehidupan high society di industri sinema Hollywood dan bisnis nightclub di New York tahun 30-an yang dipenuhi bintang film, sosialita, politisi, dan gangster, Bobby pun menemukan dirinya terjebak dalam peliknya cinta segi tiga sambil berusaha menjadi man of the world di zaman yang penuh konflik dan keglamoran.

American Honey

American Honey

Film keempat sekaligus film pertama sutradara Andrea Arnold yang dibuat di luar Inggris ini menceritakan gadis 18 tahun bernama Star (peran debut dari pendatang baru Sasha Lane) yang bergabung dengan grup remaja terlantar di sebuah “magazine crews” pimpinan Jake (Shia LaBeouf) yang bersama-sama berkeliling Amerika Serikat untuk menjual paket langganan majalah dari rumah ke rumah. Dipenuhi ikonografi Amerika seperti highway daerah Midwest yang seakan tanpa ujung hingga bikini bermotif bendera Konfederasi yang dikenakan tokoh antagonis Krystal (diperankan oleh Riley Keough, cucu Elvis Presley), film ini menyibak hedonisme, kriminalitas, dan eksplorasi seksual di balik konsep American Dream dan berhasil memenangkan Prix du Jury tahun ini.

after the storm

After The Storm

Setelah kematian ayahnya, bekas penulis berbakat Ryota Shinoda (Hiroshi Abe) menghamburkan uang yang ia dapat sebagai private detective untuk berjudi sementara ibunya (Kirin Kiki) dan mantan istrinya (Yoko Maki) berusaha menjalani hidup mereka masing-masing. Mencoba memperbaiki hidupnya, Ryota menemukan arah hidup dalam diri anak lelakinya, Shingo (Taiyo Yoshizawa). Sebuah badai taifun tanpa disangka memberikan kesempatan bagi keluarga yang retak ini untuk memperbaiki hubungan mereka. Dikenal lewat film-film bertema keluarga, sutradara Hirokazu Kore-eda kembali menyajikan drama bittersweet yang akan membuatmu kembali mengapresiasi arti keluarga.

Apprentice

Apprentice

Mengangkat tema hukuman mati yang menjadi isu kontroversial di kawasan Asia Tenggara, film garapan sutradara Singapura Boo Junfeng ini berkisah tentang Aiman (Fir Rahman) seorang sipir muda yang baru diterima bekerja di Penjara Larangan dengan membawa motif personal. Ayahnya mati digantung di penjara yang sama dengan tempatnya bekerja sekarang di bawah pimpinan Rahim (Wan Hanafi Su) sang chief executioner yang mengeksekusi ayahnya. Aiman pun terjebak dalam pergulatan batin antara keinginan balas dendam dan secara ironis menemukan sosok ayah dalam diri pembunuh ayahnya.

Advertisements

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s