Filmstrips: The 8 Best Adam Sandler Movies

Mendengar nama Adam Sandler, kamu mungkin langsung membayangkan sosok tipikalnya sebagai douche turned good guy di film-film bergenre komedi yang banyak dipuji sekaligus dikritik. Memulai kariernya sebagai stand up comedian dan menjadi cast di Saturday Night Live, dalam rentang karier yang sudah melewati lebih dari 25 tahun, pria asal New York tersebut telah tampil di lebih dari 60 film dan 15 serial televisi. Berikut ini adalah ingin rekomendasi personal saya atas 8 film terbaik Adam Sandler yang harus kamu tonton.

8. Big Daddy (1999)

Salah satu film yang membuat nama Adam Sandler lekat dengan genre komedi keluarga, di sini ia berperan sebagai Sonny Koufax, seorang bujangan lapuk di New York City yang sebisa mungkin menghindari apapun bentuk tanggung jawab selayaknya orang dewasa pada umumnya. Hingga suatu hari, ia menemukan seorang anak laki-laki berumur 5 tahun yang dibuang ke apartemennya. Bertekad untuk mengubah persepsi orang pada dirinya dan merebut kembali hati pacarnya, Sonny pun merawat anak tersebut dengan caranya sendiri, Meskipun tidak mendapat review yang gemilang, namun dari sisi komersil, film ini termasuk film Adam Sandler dengan pendapatan tertinggi saat dirilis. Fun fact: sang anak kecil diperankan oleh aktor kembar Cole dan Dylan Sprouse yang kini sudah dewasa.

7. Funny People (2009)

Ditulis dan disutradarai oleh komedian terkenal Judd Apatow yang juga kawan lama Adam Sandler, film ini menceritakan tentang George Simmons (Adam Sandler), seorang mantan stand up comedian yang beralih menjadi bintang film dan menghadapi krisis kepercayaan diri akibat film-filmnya yang tidak laku ditonton. Seolah itu tak cukup, ia juga didiagnosis leukemia dengan harapan hidup yang kecil. Merasa dirinya akan segera mati, ia pun memutuskan kembali ke akarnya sebagai pelawak stand up yang kemudian mempertemukannya dengan para juniornya, Ira Wright (Seth Rogen), Mark (Jason Schwartzman), dan Leo (Jonah Hill). Tak hanya mencoba mendapatkan kembali sinarnya di panggung komedi, ia pun berusaha merebut kembali hati mantan tunangannya, Laura (Leslie Mann) yang telah menikah. Dengan cerita yang mirip dengan kisah hidup Adam Sandler yang sesungguhnya, film ini termasuk filmnya yang paling humanis dan personal.

6. Hotel Transylvania (2012)

Film animasi tahun 2012 ini bukan kali pertama Adam Sandler berakting hanya dengan suaranya saja. Sepuluh tahun sebelumnya ia pernah menjadi pengisi suara di film animasi Eight Crazy Nights yang lebih ditujukan ke penonton remaja dan dewasa. Di film yang ramah untuk seluruh keluarga ini, Adam mengisi suara Count Dracula, pemilik hotel bernama Hotel Transylvania di mana para makhluk gaib dapat beristirahat sejenak dari dunia manusia. Untuk merayakan ulang tahun putrinya yang ke-118 tahun, Count Dracula mengundang para monster ke hotel tersebut dan terkejut setengah mati saat ia menyadari ada tamu yang tak diundang: seorang manusia berusia 21 tahun bernama Jonathan. Count Dracula pun pontang-panting melindungi putrinya dari jatuh cinta dengan sang manusia sekaligus menjaga reputasi hotelnya. Mendapat respons yang bagus secara komersil dan kritik, film ini menghasilkan dua sekuel yang juga tak kalah mengibur.

5. The Wedding Singer (1998)

Berlatar tahun 1980-an, film ini mempertemukan Adam Sandler sebagai seorang penyanyi acara pernikahan bernama Robbie Hart dengan Drew Barrymore sebagai waitress bernama Julia Sullivan. Keduanya bertemu saat bekerja di sebuah acara yang sama, di mana keduanya sudah punya pasangan masing-masing. Tidak bisa mengingkari chemistry di antara mereka dan sadar bahwa they’re made for each other, keduanya pun berada di situasi pengakuan cinta yang mengesankan di atas sebuah pesawat menuju Las Vegas. Diramaikan oleh lagu-lagu hits era 80-an dan alur cerita yang terbilang manis, film ini sukses mendapat respons positif baik dari publik maupun para kritikus.

4. Click (2006)

Pernah membayangkan bisa mengatur hidup kamu semudah menekan remoteWell, itu yang dialami oleh Adam Sandler sebagai Michael Newman di film garapan Frank Coraci ini. Michael adalah seorang pria biasa dengan karier sebagai arsitek, istri cantik, dan dua anak yang lucu. Seperti orang biasa lainnya, ia pun dihadapkan dengan masalah-masalah biasa seperti bos yang banyak mau dan tumpukan pekerjaan yang menyita waktunya. Hidupnya menjadi tidak biasa saat suatu hari ia pergi ke sebuah gerai Bed Bath & Beyond untuk membeli universal remote control. Di bagian “Beyond”, ia bertemu dengan pria misterius bernama Morty (Christopher Walken) yang memberikan sebuah remote ke dirinya. Tak butuh waktu lama bagi Michael untuk sadar bahwa remote tersebut punya kekuatan aneh untuk mengatur realita semudah mengatur televisi. Its all fun and games pada awalnya, sampai akhirnya remote tersebut mulai bertindak sendiri semaunya dan mengacaukan hidup Michael. Penuh dengan momen lucu akibat keajaiban remote tersebut, film ini juga menyimpan sisi sentimental yang akan membuat kamu lebih apresiatif terhadap waktu dan keluarga yang kamu miliki saat ini.

3. 50 First Dates (2004)

Kembali berpasangan dengan Drew Barrymore, film yang disutradarai oleh Peter Segal ini bisa dibilang salah satu film Adam Sandler yang paling populer berkat ceritanya yang memadukan humor dengan drama romantis. Kali ini Adam menjadi Henry Roth, seorang dokter hewan di Sea Life Park di Pulau Oahu, Hawaii di mana ia sering mematahkan hati para turis wanita yang datang berkunjung just because dia tidak mau terikat komitmen, sampai suatu hari ia bertemu dengan wanita bernama Lucy Whitmore (Drew Barrymore) yang menarik hatinya. The twist is, Lucy adalah pengidap sindrom amnesia khusus di mana ia hanya bisa mengingat satu hari dalam hidupnya, tepatnya hari di mana ia mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan kondisi tersebut. Orang-orang sekitar Lucy berusaha menutupi peristiwa itu demi menjaga perasaannya, namun berbekal rasa cinta yang sungguh-sungguh, Henry pun bertekad membahagiakan Lucy dengan apapun kondisinya. Dipenuhi momen romantis dan juga komedi (plus pilihan soundtracks yang solid), plot film ini telah diadaptasi ke berbagai versi, dari mulai India hingga Jepang.

2. The Meyerowitz Stories (2017)

Mendapat sambutan meriah saat ditayangkan di Cannes, drama komedi Netflix garapan Noah Baumbach ini menceritakan tentang kehidupan keluarga Meyerowitz dan hubungan para anggota keluarganya. Adam Sandler berperan sebagai Danny Meyerowitz, seorang pengangguran yang setelah berpisah dari istrinya memutuskan untuk kembali tinggal bersama ayahnya, Harold (Dustin Hoffman), seorang mantan dosen dan seniman. Dominan dan keras kepala, Harold adalah tipikal ayah yang memproyeksikan kegagalannya ke anak-anaknya, termasuk ke Matthew (Ben Stiller) dan Jean (Elizabeth Marvel). Sebuah penyakit kronis pun memaksa mereka untuk menerka ulang arti keluarga. Untuk film ini, Adam Sandler mendapat banyak review positif tentang kredibilitas aktingnya yang kian dianggap serius oleh para kritikus film.

1. Punch-Drunk Love (2002)

Ditulis dan disutradarai oleh Paul Thomas Anderson, Adam Sandler berperan sebagai Barry Egan, seorang pengusaha yang struggling dengan rasa kesepian dan social anxiety. Dibesarkan dengan tujuh saudara perempuan yang sering mengoloknya, Barry sama sekali payah dalam soal menjalin hubungan, sampai suatu hari ia bertemu dengan Lena Leonard (Emily Watson) yang merupakan teman kerja dari salah satu kakak perempuannya. Keduanya dengan cepat saling jatuh cinta, namun Barry harus melindungi perasaan itu dan dirinya sendiri dari gerombolan preman yang mencoba memeras dan mencuri identitas dirinya. Meskipun tidak berhasil menjadi box office, namun film ini mendapat sambutan positif dari para kritikus film, termasuk untuk performa Adam Sandler yang mampu menunjukkan potensi aktingnya di luar genre komedi dengan emosi yang lebih dalam tapi tanpa melupakan sisi humoris dirinya.

Shout out your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s