Art Talk: The Colorful Everyday Life of Maskrib

Maskrib1

“Saya orang yang suka jalan-jalan random, ke gunung, hutan, pasar, stasiun, ke mana saja, mostly tanpa rencana dan tujuan sih yang penting jalan dulu, hal itu sangat menginspirasi dan menyegarkan otak saya. Saya juga suka mengamati aktivitas orang-orang yang saya temui, orang-orang sedang pulang kantor di hari Jumat, orang yang sedang menunggu bis, dsb. Bagi saya pengalaman itu menarik saja untuk diceritakan kembali dalam bentuk visual,” ungkap Reza Dwi Setyawan, seorang ilustrator dan desainer grafis yang juga akrab disapa Maskrib tentang inspirasinya dalam berkarya. Dari observasinya akan kehidupan jalanan dan segala manusianya yang menyimpan sejuta cerita, pria kelahiran Sukoharjo 26 tahun lalu yang kini berdomisili di Boyolali tersebut menghasilkan ilustrasi pop art yang meskipun terlihat padat dan riuh oleh detail namun memiliki sense of simplicity yang tidak membuat mata kita lelah. Di samping aktif mengerjakan personal project dan commission work dalam berbagai media dan medium, tahun ini artist yang menyebut Jeremy Ville, Andy Rementer, Angela Dalinger, dan Eddie Hara sebagai influens tersebut telah merilis coloring book perdananya yang bertajuk Happy Slow Life. Yup, we know kalau coloring book for adults memang sedang hype belakangan ini sebagai kegiatan past time yang therapeutic, namun mengenal dan mengagumi karya-karya Maskrib selama ini, I’m definitely excited for this one.

Maskrib

Hai Maskrib, apa yang mendorong untuk serius di bidang ilustrasi? Basically dari kecil emang udah seneng gambar sih seperti kebanyakan orang, dan beruntungnya sampai sekarang kesenangan menggambar itu tetap terjaga dan membawa banyak feedback positif, hehe. Kalau menekuni ilustrasi secara lebih serius dimulai pada masa awal kuliah. Ada satu teman saya namanya Ardan Kukuh Prayogo yang kemudian mengajarkan saya bagaimana berilustrasi dan make a living dari ilustrasi. Dari awal mulai serius sampai pada masa sekarang kurang lebih 4 tahun saya mencoba mencari formula yang pas dan nyaman bagi saya sendiri dalam proses menggambar.

Kalau Maskrib sendiri belajar ilustrasi secara otodidak atau memang sempat belajar secara akademis? Saya pernah kuliah jurusan DKV, tapi sejujurnya secara teknis saya belajar ilustrasi secara otodidak. Dari menjalin hubungan pertemanan dengan banyak teman-teman ilustrator, saya banyak mendapat input positif dari mereka.

11899598_1011634055554975_1077766897_n

Bagaimana tercetus proyek membuat coloring book ini? Sudah lama saya ingin membuat artbook saya sendiri. Dan kebetulan beberapa bulan kemarin ada salah satu penerbit yang menawarkan saya untuk membuat sebuah coloring book dengan mengangkat konsep dan tema seperti apa yang sering saya angkat di kebanyakan ilustrasi saya yaitu ”Human Life”. Pihak penerbit memberikan kebebasan berkreasi dalam isi ilustrasinya. Jadi ini semacam coloring book semi artbook saya juga, hehe. Yang pasti coloring book ini akan jauh berbeda dari coloring book yang sudah ada.

Screen-Shot-2016-02-16-at-4.45.12-PM-copy

Maskrib juga pernah bikin ilustrasi di vinyl dan clothing, sejauh ini medium apa yang jadi favorit? Sebenarnya nggak ada yang benar-benar favorit sih bagi saya. Segala macam media, selama saya bisa bersenang-senang, berkreasi, menuangkan ide-ide saya dan menikmati setiap proses pembuatannya. Kalau saat ini saya sedang senang mengeksplor media clay, membuat figure dari ilustrasi saya dalam bentuk 3 dimensi.

Mengingat kentalnya influens street life dalam karyamu, how would you describe the Jakarta street life? Dan apa saja spot favoritmu di Jakarta? Jakarta street life di satu waktu bisa banyak sekali melihat manusia, beberapa saat kemudian bisa menghilang begitu saja. Waktu bisa terlihat sangat cepat kemudian terasa begitu lamban. Spot favorit saya di Jakarta sampai saat ini masih rooftop kantor tempat saya magang dulu di daerah Palmerah.

Screen-Shot-2016-02-16-at-4.48.28-PM-copy

Selain ilustrasi, apa lagi yang menjadi hobi seorang Maskrib? Kalau duduk di pinggir jalan atau di atas jembatan tanpa melakukan apa-apa, hanya mengamati orang-orang beraktivitas bisa disebut hobi, mungkin itu salah satu hobi saya selain menggambar dan jalan-jalan, hahaha.

12317792_431799760355005_303256949_n

Apa kolaborasi impianmu? Sesungguhnya sampai sekarang impian saya adalah bisa bekolaborasi dengan salah satu band/musisi yang saya suka musiknya. Membuat ilustrasi full untuk album musik mereka.

Selain coloring book, apa lagi project untuk tahun ini? Kalau untuk project komersil ilustrasi masih tetap berjalan sampai saat ini. Dan sesungguhnya setelah rilis coloring book nanti saya sudah ada rencana personal project membuat sebuah artbook visual diary saya sendiri, hahaha! Isinya akan penuh dengan curhat sehari-hari saya. Oh iya dan tentu saja semoga saya bisa lebih fokus lagi membangun art merch saya sendiri @slowboystore.

11350860_1461327187493859_109437074_n

 

Shout out your thoughts!

